Sabtu, 04 Desember 2010

Menambahkan Kolom pada blog

Mengedit template blogspot pada dasarnya tidaklah sulit, apalagi template blogspot tersebut didesain dalam satu buah dokumen XML. Berbeda halnya dengan template Wordpress CMS yang terdiri dari banyak dokumen (file) yang terintegrasi. Selain itu, struktur kode pada template blogspot juga lebih sederhana jika dibandingkan dengan Wordpress CMS yang dibangun menggunakan PHP-MySQL. Sebenarnya keduanya juga mempunyai teknik sendiri-sendiri dan bergantung kapabilitas kita pada pemrograman yang mana, XML atau PHP. Namun, saya tidak akan membawa Anda berselancar sampai kesasar dalam menyelami struktur bahasa pemrograman tersebut. Saya hanya akan memberikan tips dan trik yang biasa saya gunakan dalam mengedit template blogspot. Saya sudah pernah menjelaskan bahwa blogspot menyediakan 2 cara yang bisa kita gunakan dalam mengedit template blogpsot.

  1. Yang Pertama adalah dengan mengedit melalui bagian Elemen Halaman. Pada dasbor klik link menu Tata Letak dan pilih submenu Elemen Halaman. Cara ini hanya untuk menambah maupun menghapus widget yang Anda masukkan pada blog.
  2. Yang Kedua adalah dengan mengedit melalui bagian Edit HTML. Pada dasbor klik link menu Tata Letak dan pilih submenu Edit HTML.
Cara yang kedua juga terbagi 2 lagi, yaitu: mengedit dengan mengaktifkan pilihan Expand Template Widget dan tanpa mengaktifkannya. Jika kita mengaktifkan (mencentang) pilihan Expand Template Widget, maka kita akan ditunjukkan kode template yang lebih kompleks.
Berikut beberapa tips dan trik yang saya maksud dimana saya asumsikan kita tidak terlalu paham dengan pemrograman XML:
  1. Jika kita ingin menambah kolom di bagian tertentu, bekerjalah pada bagian Edit HTML dengan tidak mencentang pilihan Expand Template Widget agar kode untuk menambah kolom lebih mudah dikenali. Kolom yang saya maksud adalah bagian-bagian yang menyusun layout blogspot, seperti kolom header, kolom mainbar, sidebar, dan footer, yang semuanya sudah saya bahas di sini dan di sini, dan kita akan mencoba untuk menambah kolom seperti bagian-bagian tersebut sehingga kita bisa menambah konten seperti widget pada kolom yang akan kita tambahkan.

  2. Sebagai contoh kita akan menambah kolom baru di bawah header. Pada bagian Edit HTML, backup terlebih dahulu template Anda dengan mengklik link Download Template Lengkap pada bagian Backup/Restore Template agar jika terjadi kesalahan, bisa mengembalikan ke template semula.
  3. Jangan memberi centang pada bagian Expand Template Widget.
  4. Selanjutnya adalah kita akan mencari struktur HTML yang digunakan untuk menambah sebuah kolom. Asumsinya adalah kita ingin mencontoh struktur kode yang digunakan oleh si pembuat template untuk membuat sebuah kolom. Dengan demikian, kita tinggal meng-copy paste struktur tersebut dan merubah beberapa bagian untuk membuat kolom baru. Inti yang saya maksud adalah MENGENALI POLA. Ibaratnya seperti ini, kita ingin membuat sebuah persegi, namun tidak tahu cara membuatnya. Maka kitapun melihat sebuah persegi yang dibuat orang lain dan menyimpulkan bahwa untuk membuat sebuah persegi dibutuhkan 2 buah garis vertikal dan 2 buah garis horizontal dimana setiap ujung dari garis tersebut bertemu. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana caranya kita mengetahui pola (struktur dasar) yang digunakan untuk membuat sebuah kolom pada template blogspot yang mana kita tahu sendiri ada puluhan baris kode yang harus kita kenali. Caranya ada pada langkah selanjutnya.
  5. Pada kotak kode template yang ada pada bagian Edit HTML tersebut, periksalah secara perlahan kode-kodenya sampai Anda menemukan kode yang merupakan kode untuk Header (sebab kita ingin menambah kolom di bawah header). Tipsnya adalah temukan kode yang paling tidak ada tulisan "header" nya. Perhatikan kode berikut:
        <div id='header-wrapper'>
          <b:section class='header' id='header' maxwidgets='1' showaddelement='no'>
    <b:widget id='Header1' locked='true' title='Header' type='Header'/>
    </b:section>
        </div>

        <div id='content-wrapper'>

          <div id='crosscol-wrapper' style='text-align:center'>
  6. Anda tentu bingung kode yang digunakan untuk menambah kolom header dimulai dari mana dan berakhir sampai dimana. Untuk itu silahkan turun lebih ke bawah sampai Anda melihat kode seperti berikut:
          <div id='main-wrapper'>
            <b:section class='main' id='main' showaddelement='no'>
    <b:widget id='Blog1' locked='true' title='Posting Blog' type='Blog'/>
    </b:section>
          </div>
  7. Coba Anda perhatikan bahwa kode pada langkah 6 mempunyai kemiripan dengan bagian kode yang ada pada langkah 5. Terdapat struktur yang dibungkus oleh tag <div></div>, kemudian di dalamnya terdapat struktur yang dibungkus oleh tag <b:section></b:section>, baru kemudian di dalamnya terdapat stuktur <b:widget>. Tag <div></div> digunakan untuk membuat "kotak" yang membungkus struktur di dalamnya, sedangkan <b:section></b:section> merupakan kode untuk membuat kolom baru. Adapun kode <b:widget> merupakan kode untuk menambah widget yang bisa juga ditambahkan melalui bagian Elemen Halaman pada menu Tata Letak. Dari sini bisa dianalogikan bahwa struktur kode yang digunakan untuk membuat kolom header pada langkah 5 adalah seperti yang di tulis merah di bawah ini:
        <div id='header-wrapper'>
          <b:section class='header' id='header' maxwidgets='1' showaddelement='no'>
    <b:widget id='Header1' locked='true' title='Header' type='Header'/>
    </b:section>
        </div>

        <div id='content-wrapper'>

          <div id='crosscol-wrapper' style='text-align:center'>
  8. Jika Anda belum yakin, silahkan periksa kode-kode yang lain. Anda akan menemukan kode-kode yang mempunyai kemiripan pola seperti yang ada pada langkah 6 dan 7. Pola struktur kode tersebutlah yang akan kita contoh untuk menambah kolom baru.
  9. Sekarang copy-lah struktur kode yang ditulis merah pada langkah 7 kemudian paste-kan tepat di bawah struktur kode merah tersebut.
  10. Selanjutnya, kita akan mengedit beberapa bagian agar tidak terjadi duplikasi. Pada bagian tag <div> biarkan tetap agar pengaturan CSS yang digunakan sama dengan pada header. Jika Anda ingin membuat atribut CSS baru untuk mengatur kolom yang akan Anda tambahkan, silahkan ganti ID div tersebut. 
  11. Untuk section class penjelasannya sama dengan langkah 10.
  12. Yang perlu Anda ganti adalah section id agar tidak sama dengan header. Misalkan Anda ganti menjadi "iklan".
  13. Maxwidgets merupakan parameter untuk mengatur jumlah widget yang boleh Anda tambahkan pada kolom baru tersebut. Jika Anda tidak ingin membatasinya, maka hapus saja kode tersebut.
  14. Showaddelement merupakan parameter untuk mengatur apakah akan ditampilkan link "Add Gadget" pada bagian layout blogspot (di bagian Elemen Halaman pada menu Tata Letak). Gantilah menjadi "yes" agar boleh menambah gadget (widget) baru.
  15. b:widget merupakan struktur sebuah widget (gadget) yang telah ditambahkan pada kolom tersebut. Jika adan ingin langsung menambahkan, maka gantilah id dari widget tersebut. Hapuslah kode <b:widget id='Header1' locked='true' title='Header' type='Header'/> untuk membuang widget tersebut dari kolom yang Anda buat. Maka struktur kode keselurahan untuk menambah kolom baru pada header adalah sebagai berikut:
        <div id='header-wrapper'>
          <b:section class='header' id='iklan' showaddelement='yes'>
    </b:section>
        </div>

  16. Klik tombol SIMPAN TEMPLATE.
  17. Sekarang klik submenu Elemen Halaman pada bagian Tata Letak. Anda akan melihat kolom baru telah bertambah di bawah header.

  18. Sekarang Anda tinggal menambah gadget (widget) baru dan bisa mengedit tampilan melalui CSS. Misalnya Anda ingin membuat CSS untuk mengatur section id="iklan" yang Anda defenisikan pada langkah 12, maka tambahkan struktur CSS pada template Anda untuk atribut "iklan" dari section tersebut.
  19. Selamat mencoba.

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Kalau habis baca artikel ini tolong comment ya :')

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...